Saturday, 6 June 2015

Membayar Pajak Kendaraan di Samsat Outlet BTM Cicadas

Hi Sobat Rider,,

Tidak terasa 5 Juni ini sudah genap 1 tahun sejak si MX turun dari dealer. Biasanya kalau sudah 1 tahun banyak sekali part-part yang harus di ganti, memang saya dulu sebelum meminang MX jarang sekali memperhatikan part-part yang wajib diganti. Walau harganya cukup terjangkau namun apabila diabaikan banyak keruginannya Sob, mulai dari Bensin mulai boros, suara mesin berisik dan yang lebih parah bisa bikin jebol mesin yang biaya perbaikannya sangat mahal.

Selain biaya penggantian sparepart tahunan tersebut ada lagi biaya tahunan Sob, yakni pembayaran Pajak tahunan. Sebagai warga negara yang baik harus bayar pajak ya Sob. Mungkin dari sebagian Rider agak malas buat membayar pajak ini, dikarenakan Pelayanan SAMSAT yang cukup berbelit-belit. Tapi asal tahu alurnya membayar Pajak Kendaraan itu gak ribet kok. Apalagi sekarang sudah tersebar SAMSAT OUTLET.


SAMSAT OUTLET ini sudah tersebar dibeberapa Mall di Bandung, salah satunya di BTM Cicadas Bandung. Disana Jadwal Pelayanan hari Senin - Jumat mulai jam 9 pagi. Jika Sobat hendak membayar pajak di SAMSAT OUTLET ini saya sarankan datang 1 jam lebih awal karena antrian di luar Mall sudah cukup penuh.


Bisa sobat lihat sendiri kan di atas, itu sekitar jam 8 pagi, sudah pada ngantri di depan pintu Mall. Di BTM Cicadas ini pula setiap hari jumat selalu ada SIM Keliling khusus perpanjangan ya Sob. Bisa dibayangkan setiap hari jumat ada banyak sekali orang di BTM Cicadas ini baik yang akan membayar pajak kendaraannya maupun memperpanjang SIM.


Sekitar Jam 08:30 Pintu Mall depan dibuka oleh security, nah disini Sobat harus hati-hati karena orang-orang saling berdesakan malah berlari-lari seperti pembagian sembako. Setelah masuk pintu mall, Sobat langsung diarahkan ke pintu masuk SAMSAT OUTLET di sebelah sayap kanan Mall. disini akan dibagikan Struk Antrian.


Perlu di ingat bahwa petugas akan membagikan Nomor Antrian sebanyak rangkap 2. Satu digunakan untuk pendaftaran dan satunya digunakan untuk melakukan pembayaran. Apabila Sobat hanya mendapat 1 lembar saja, segera meminta kepada petugas.  Dari pembicaraan dengan petugas sih apabila sobat hanya medapat 1 lembar saja, gunakan untuk pendaftaran, dan di ingat-ingat nomor antrian tersebut, karena saat pembayaran, kasir Bank hanya memanggil No urut antrian bukan nama di STNK.

Setelah mendapat No.Antrian, sekitar jam 09:00 Pintu SAMSAT OUTLET dibuka. Petugas pendaftaran biasanya akan memanggil per 10 nomor secara berkelanjutan. Untuk berkasnya Sobat cukup membawa STNK Asli dan KTP asli yang sesuai dengan nama di STNK ya. Jika prosesnya ingin cepat, Sobat sejak awal sudah mempersiapkan KTP Asli, dan STNK asli dengan mengeluarkan dari plastik STNK nya ya. Setelah diberikan ke petugas pendaftaran, kita tinggal menunggu dipanggil untuk pembayaran.

Menunggu sekitar 30 menit akhirnya Nomer Antrian saya 58 di panggil, dan membayar sesuai tarif yang berlaku. Jika ditotalkan waktunya sekitar 1 jam 30 menit, itupun jika Sobat antri dari jam 8. Jika datang di atas itu kemungkinan bisa memakan waktu 2 - 3 jam.



Sekarang Pilihan ada ditangan Sobat Rider, mau membayar pajak di SAMSAT Induk atau di SAMSAT OUTLET, yang penting harus Taat Membayar Pajak ya...

Salam Rider


Padli Koesmayadi







0 komentar:

Post a Comment

Untuk kritik dan saran, silahkan beri komentar..