Thursday, 8 December 2011

Open Source Operating System

Open Source merupakan gabungan dari kata Open yang berarti terbuka, dan Source yang berarti Kode/Sumber. Jadi, Open Source merupakan suatu istilah untuk perangkat lunak yang memberikan kebebasan kode programnya untuk dilihat, diketahui sistem kerjanya, dan dimodifikasi oleh orang lain.

Dan biasanya software Open Source itu dapat diperoleh dengan Gratis tanpa perlu mambayar lisensi. Namun ketika melakukan modifikasi atau perbaikan, kita juga harus berpegang dengan Kode Etik. Tidak boleh software yang telah kita edit tersebut lalu kita akui milik kita tanpa menyertakan sumbernya.

Baik, jika kita sudah mengetahui tentang pengertian open source, selanjutnya kita akan membahas tentang pengertian Sistem Operasi Open Source. Jadi, Sistem Operasi Open Source itu merupakan sistem operasi yang kode program dari sistem operasi tersebut dapat dibuka dan dilihat dan dikembangkan oleh pihak lain selain pembuat sistem operasi tersebut.

Manfaat dari Sistem Operasi Open Source ini tentunya lebih banyak, karena dengan terbukanya kode-kode program tersebut maka banyak pengembang-pengembang yang dapat mengelola dan mengupdate fitur-fitur Sistem Operasi tersebut, sehingga tidak terpaku pada pembuat sistem operasi tersebut.

Contoh Sistem Operasi Open Source yang telah banyak digunakan adalah Linux dan yang sekarang ini lagi tenar di Indonesia adalah Garuda OS.

Linux sendiri memiliki beberapa variant seperti Ubuntu, Mandriva, Open Suse, Debian, dll.

Di Indonesia sendiri telah banyak pihak-pihak yang telah mengembangkan Sistem Operasi Open Source, contoh hasil Sistem Operasi yang telah dikembangkan adalah BlankOn, Tajdid Linux, dll.


Source : ingin-tahu.com

0 komentar:

Post a Comment

Untuk kritik dan saran, silahkan beri komentar..